Jumat, 03 Januari 2014

Simulasi Beternak Lele (Tanya & Jawab)


Tanya:
Saya ingin memulai beternak ikan lele dari satu kolam untuk pembesaran. Ukuran kolamnya 2 x 5 m. Berapa ya modal yang diperlukan untuk pembuatan kolam terpalnya sekaligus pembelian bibit dan pakan hingga panen habis?

Jawab:
Berikut rincian modal yang diperlukan, namun harus tetap diingat bahwa ini perkiraan, harga satuan di masing-masing daerah bisa berbeda :

-       Terpal ukuran 4 x 6 m, di Bandung harganya sekitar 300ribu rupiah. Selain terpal, kita bisa juga pakai baliho bekas, harga lebih murah. Tinggal datang aja ke tukang percetakan & nego harganya.

-       Pipa pembuangan. Ini tergantung sistem kolam yang dipakai, jadi bisa juga tidak pakai pipa pembuangan. Saya pakai pipa paralon 2inch, kebutuhan kira-kira 2 meter, sisanya untuk saluran pembuangan ke selokan terdekat. Harga sekitar 30rb/buah. Belum termasuk knee (L) dan sambungannya.

-       Bambu, untuk rangka kolam. Di tempat saya 25ribu rupiah/ikat untuk ukuran 1 ikat isi 3. Kira-kira dibutuhkan 10ikat bambu atau 250ribu.

-       Paku, lem, tali rapia, dll.  Kira-kira habis 50ribu.

-       Bibit ikan lele. Saya sarankan untuk pemula ukuran 10 – 12 cm. Dengan ukuran bibit sebesar ini, tingkat kesulitannya masih bisa diatasi oleh orang yang masih belajar peternakan lele.

·      Dengan ukuran kolam 2 x 5 m, kepadatan yang saya sarankan 100 ekor/m2, jadi total 1000 ekor. Harga sangat bervariasi, tergantung bibit seperti apa yg diambil. Saran saya ambil lele biasa aja dulu, cari ke bandar-bandar atau petani pembibit. Di tempat saya, untuk seperti itu biasanya 25rb/kg, isi 75-100 ekor/kg.

-       Untuk pakan, sederhananya sih seperti ini : kalo tanam seribu ekor, panen kira-kira 100kg, berarti kira-kira butuh 100kg pakan. Dengan harga pakan 781 buatan CP 250rb/30kg, tinggal dihitung-hitung sendiri jumlah totalnya hehehe :D

-       Untuk biaya lain-lainnya, biasanya terdiri dari obat-obatan, garam krosok, probiotik dan lain-lain. Variasi harganya terlalu banyak namun bisa juga tanpa biaya, tergantung dari kualitas air yang dipakai dan kemampuan mengurus kolamnya.

2 komentar: