Senin, 06 Januari 2014

Simulasi Beternak Lele 2 (Tanya - Jawab)


Tanya:
Hal-hal apa saja yang harus disiapkan dan diperhatikan kalo ternak lele?


Jawab:
Yang pertama harus disiapkan : mental. Gak semua orang bisa menjadi petani/peternak. Bukan berarti kerjaannya susah, tapi butuh mentalitas tertentu untuk berhasil.

Yang kedua yang harus disiapkan : modal.

Lupakan semua perhitungan bisnis yang ada di buku2 tentang peternakan/perikanan. Buku2 itu melupakan satu hal penting : ikan itu mahluk hidup. Yang namanya mahluk hidup itu bisa mati. Sukur2 kalo lelenya mati pas di tukang pecel lele, nah masalahnya kebanyakan petani itu biasanya mengalami masa belajar, yang berarti lelenya lebih banyak mati di kolam sendiri :D Ini berarti harus banyak modal yang disiapkan untuk ongkos belajar. Tentu saja belajar bisa lewat kursus-kursus peternakan lele, sekarang banyak kok yang bikin. Namun kursus itu juga tidak jadi jaminan berhasil, malah yang saya liat tiap lulusan kursus suka bikin kubu2 sendiri, jadi kayak mahzab aliran beternak gitu deh :D

Jadi pengalaman adalah guru terbaik.

kalo untuk masalah teknis, sebenernya mah gampang2 aja. Punya lokasi dimana buat kolamnya? Udah jadi kolam ato belum? Saluran pembuangan dan pemasukan airnya udah bagus belum? Kolam yang mau dibikin berapa banyak, luas berapa? Dan banyak lagi detail teknisnya.

Sulitnya memang detail teknis gini banyak yg gak ngerti dan ngeliat kolam orang laen selalu jadi solusi yang baik. Pake jurus ATM tea, Amati, Tiru, Modifikasi. Ini juga berlaku ke cara2 CBIB - Cara Budidaya Ikan yg Baik.

Begitulah untuk awal.

6 komentar:

  1. dulu pas pelajaran kewirausahaan pas SMA saya pernah praktek ternak lele, tapi nggak sampe seminggu pada almarhum semua lelenya :D kata guru saya sih, faktor cuaca. tapi saya ga gitu percaya, guru saya saja bukan peternak lele. kira-kira cuaca emang ngaruh ya?

    BalasHapus
  2. ya betul gurunya. faktor cuaca juga ngaruh. waktu pada mati itu lele2nya cuacanya kayak gimana? kalo hujan terus2an biasanya bawa penyakit ke lele.

    BalasHapus
  3. waktu itu musim panas. guru saya bilang lelenya kepanasan. ini yang bikin saya ga percaya hehe..

    BalasHapus
  4. saya pemula untuk buletong,apa air keruh bisa buat lele mati?

    BalasHapus
  5. @Nanda : air keruhnya seperti apa? karena ikan lele kalo ditaro dalam air yg jernih dia stres karena dia predator. Air keruh bukan berarti jelek dan bikin lele mati. jadi pasti karena faktor lain matinya, misalnya kurang makan, ada predator lain yg lebih besar, dan lain-lain.

    @MasMoe : ikan lele asal usulnya dari Afrika, disana ga ada yg dingin :D jadi emang harus di tempat yg panas lele bisa hidup. menurut saya mungkin penyebabnya kolam. Kalo kolamnya dangkal cuma 40 cm yaiyalah mereka bakal mati kepanasan :))

    BalasHapus
  6. tolong dong dijawab pertanyaan yang satu ini...ini pertanyaannya
    1.apa saja sarana produksi (alat dan bahan) yang digunakan?
    2.Bagaimana cara memilih benih ikan lele yang baik?
    3.Bagaiman teknik budidaya yang dilakukan mulai dari pemilihan benih sampai dipanen?
    4.apa kesulitan atau tantangan yang dihadapi selama melakukan budidaya ikan konsumsi?
    5.apa keunggulan ikan lele yang dibudidayakan
    mohon dengan sanagat,,,Terima kasih

    BalasHapus