Kamis, 07 November 2013

Bukan Lele Jamban II


Jaman kita kecil dulu di kampung, sungai adalah jamban besar milik bersama. Balong (kolam) merupakan jamban kecil milik pribadi. Jadi kalau perut mules ayo segera berlari menuju 'kubikel' dari rotan, tanpa atap, tanpa pintu yang permanen, habis itu jongkok, ngeden, dan selesaikan urusan sisanya. Huuff lega ya. Hahaha. 

Nah sekarang kita sambungin ke hewan berkumis delapan ini. Ikan Lele. Saya pernah makan ikan lele sebelum beredar kabar kalau ikan lele itu binatang yang suka ditaro orang di septic tank. Setelah saya tahu kalo lele hidup di tempat kayak gitu, saya tetep makan :D gak ngaruh hehehe. Dikibas-kibasin daging domba pun saya bakal tetep makan daging ikan lele. 

Gak bisa dipungkiri emang banyak yang menolak makan ikan lele karena kabar tersebut. Memang kabar tersebut gak salah. Tapi tidak sepenuhnya benar. Ikan mas juga ikan mujair/nila kalo dikasih benda yang keluar dari perut kita itu ya pada makanin juga. Jadi ikan lele gak sendirian. Tapi ikan mujair & ikan mas gak ditaro di septic tank. Selain ikan sapu, ikan lele punya ketangguhan luar biasa buat tetap hidup dalam lingkungan terkotor. 

Dengan reputasi ikan lele yang kayak begitu, agak aneh kalau kita bisa ketemu dengan fakta ini: penjual ikan di pasar Ciroyom itu bisa ngejual ikan lele EMPAT TON per…HARI. Laku banget!

Jadi sebenernya gak usah kuatir lele yang kita makan itu lele jamban atau lele got. Karena ikan lele konsumsi emang BUKAN berasal dari septic tank atau got sekalipun. Gak mungkin lah beternak lele dengan ngasih makannya berupa benda yang ada di perut kita ini. 

Kalo kamu peternak lele, kamu harus panen lele dalam waktu 3 bulan. Buat ngejer 3 bulan itu kuncinya ada pada sesuatu yang banyak bikin peternak lele gulung tikar: PAKAN. Lelenya harus dikasih makanan yang bagus-bagus, terutama protein karena ikan lele butuh protein tinggi untuk perkembangan tubuhnya. Jadi gak masuk akal kalau benda di septic tank itu kami cekokin ke ikan lele. Selain gak barokah dan melanggar hati nurani, di hitungan kami para peternak, benda tersebut gak akan bikin bobot ikan lele naik sesuai yang kami mau. 

Ikan lele adalah karnivor omnivor. Tapi kita juga gak bisa kasih makan sembarangan. Namanya ternakin ikan lele ya harus dibagus-bagusin biar bisa ngasih profit juga benefit. Kalau di dunia peternakan ada prinsip yang namanya CBIB, Cara Budidaya Ikan Baik. Belakangan ada juga bubidaya ikan lele organik, dikasih makannya Azola doang, semacam tumbuhan gitu. 

Jadi jangan ragu ya makan ikan lele. Terutama ikan lele produksi kami. Harus kami akui terkadang stok ikan lele yang kami punya di peternakan habis. Kalau habis, ya kami kontak sesama peternak lain buat minta bantuan. Mereka pada seneng sih. Soalnya bandar-bandar ikan sebagai tangan kedua di proses dagang mah sukanya pada ambil untung gak masuk akal, sementara kami sesama peternak bisa fair bagi hasil ;)

Lucu juga ya, apa yang orang bayangkan terburuk tentang suatu hal, it turns out to the one of the best. Ini bikin saya keingetan sama The Hunchback of Notre Dame :D hehehehe. Ikan lele dianggap makanan kelas kampung, kelas jamban, rupanya jelek pula.  Tapi ternyata kalau diurusnya bener dan kita mau kenal ikan lele lebih baik sebaik Esmeralda pacarnya The Hunchback, kandungan dalam tubuhnya bisa memberi manfaat besar buat kita-kita, terutama batita, balita, dan anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. 

Buah jeruk buah delima. 
Bentuk buruk jangan dihina. 

Ditunggu ya pesenannya. Sekarang jadwal pengirimannya Selasa, Kamis, dan Sabtu. Harga masih sama, sekarang udah ada ongkos kirim. Dekat dengan pos pengiriman 5ribu, jauh dari pos 10ribu. 

Ini daftar produknya Eazy Freezy:

(typo di desainnya mohon dimaafkan :D udah keburu cetak banyak euy)
(typo di desainnya mohon dimaafkan :D udah keburu cetak banyak euy)
Frozen Filet Ikan Lele
250 gram - 17ribu
500 gram - 31ribu
1kilogram - 60ribu


Frozen Filet Golden Dory (Patin)
250 gram - 17ribu
500 gram - 31ribu
1kilogram - 60ribu



Frozen Filet Gurame
250 gram - 25ribu
500 gram - 46ribu
1kilogram - 90ribu



Frozen Babyfish (anak-anaknya ikan Nila & ikan Mas)
150 gram - 12ribu
250 gram - 20ribu


Sementara segitu dulu. Yang mau jadi reseller juga silakan *halow halow yang di Jakarta mau jadi reseller gak, banyak yang pengen beli nih tapi saya tolak melulu karena ongkos kirim*

Kontak kami ada di:
WA 0812.2005.4556
BBM 7CBDAA49
Email filet.ikan@gmail.com



PS: Hunchback of The Notre Dame adalah karya Victor Hugo. Disini gak ada maksud menyamakan ikan lele dengan karya agungnya Victor Hugo, cuma membandingkan rupa aja. 

2 komentar:

  1. Denger ikan lele aja dah mulai geli, memang sebenarnya enak. tapi, setelah melihat tetangga buka penutup sepsitenk kemudia duduk manis sambil memancing ikan lele, jadinya langsung gimana gitu lo makan ikan lele hihihi.....

    BalasHapus
  2. @Said : hahaha itu mah tetangganya aja kali :D kalo kasusnya udah kayak saya, peternak/petani ikan, haram ngelakuin hal begitu :)

    BalasHapus