Minggu, 27 Oktober 2013

Welcome To The Ownership


Kalo kata cewek-cewek di The Cupcake Girls, ada tiga cara simpel kalau mau mulai usaha/bisnis. Pertama, bikin business plan alias rencana keuangan. Check. Saya udah buat. Hasilnya? twewewwww jauh sama rencana semula. Meleset. Loncat. Terbang. 

Baru beberapa bulan dagang, harga bahan pokok naik tinggi-tinggi sekali. Terutama di harga bawang dan cabe. Harga menu saya naikin, ricuh harga BBM. Beres dengan BBM, demo buruh minta naik gaji. Apa ini? 

Rencana keuangan perlu dibuat. Tapi diluar sana, apalagi negara kayak kita ini, banyak kejadian yang gak terduga. Kita bisa apa, pemerintah diam saja. Rugi kita yang tambal, gaji pegawai harus dibayar. Well, welcome to the ownership :D

Kedua, kalo kata Lori & Heather, dont get into a business you know nothing about. Sebagai tukang makan, saya sama gele yakin banget bisa ngejalanin ini. Tau gak kenapa? karena kami suka makan. Bloon banget kan alasannya. Ya udah, kami ajak lah kakak yang udah lama banget kerja di dunia restoran. Hasilnya? bisa sih, tapi sering ada aja kaget yang berulang-ulang. "Gini geuning bikin usaha tempat makan teh". Phiiuww. 

Mulai dari ngurus pegawai, ngecek tempat, ngurus keluar masuk barang, pegawai sakit siapa yang ganti, menu A kenapa gak laku, menu B kosong, uangnya habis, mahasiswanya libur gimana penjualan, kapan mau bikin menu baru, dimana cari minyak goreng murah, pegawai protes, freezer rusak, pegawai sakit hati bla bla bla. Ah lagi-lagi mau bilang, welcome to the ownership :D

Yang ketiga, jangan campurin bisnis dengan friendship. Oke. Saya gak akan campur-campur bisnis dengan persahabatan. I do worse than that. I mix business with.. marriage. Hehehe. Suami saya, partner kerja saya. Bikin usaha sama suami juga kakak ya wislah konfliknya banyak, tapi bukan berarti gak bisa selesai. Khekhekhe. 

Saya ama gele dimanapun seringnya ngomongin Kedai Lele & Eazy Freezy. Kalo udah bosen, suntuk, kesel, suka saling ngingetin "udah ah ngomongin yang lain dulu". Tapi ya kayaknya udah default aja ngomongin usaha sendiri sama suami sendiri karena dia partner kerjanya. Mau kondisi kayak apa gimana juga kalo harus ngobrol ya diobrolin. Kumaha deui yang penting masih happy ya gak? hehehe sekali lagi mau bilang, welcome to the ownership :D 

Seru nih acara The Cupcake Girls, saya wajib nonton ini. Banyak yang bisa dicontek. hehe. Ngeliat Heather & Lori yang bekerja dan naro diri mereka masing-masing bukan sebagai pemilik juga harusnya bisa saya kerjain. Pemilik bukan cuma duduk ngeliat laporan keuangan dan nerima duitnya, itu mah kerjaan investor :D Kalo di awal-awal ngerintis usaha kayak gini sih malahan harus ngerasain langsung di lapangan. Biar tau dasarnya dan belajar respek melihat pegawai sendiri, dan yang paling penting adalah kenal watak pelanggan sendiri.

Nah kalau tempat udah bisa ditinggal, pemilik udah bisa duduk tenang. Ya sesekali datang ke tempat buat ngecek kerjaan pegawai dan merangkap jadi tukang sapu, tukang ngepel, tukang cuci piring. Dan tentu aja: tukang jualan. Ya iyalah, pemilik juga harusnya bisa jualan, apalagi kalo ga ada dana buat bayar tenaga pemasaran. Welcome to the ownership hahahaha 

Nah sekarang, sebagai pemilik, saya juga mau jualan disini. Seperti biasa! jreng! jreeeng!


Sodara-sodari, Eazy Freezy ini produk unggulannya frozen filet ikan lele. Produk lain-lainnya ada frozen filet ikan gurame, frozen filet ikan golden dori (patin), ikan-ikan lucu babyfish, dan yang jadi kesukaan banyak orang, frozen filet ayam.  

250gram  - 17 ribu
500 gram - 31 ribu
1 kilogram - 60 ribu

Yang tertarik bisa komen disini atau kontak ke :
WA 0812.2005.4556
BBM 7CBDAA49
Email filet.ikan@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar