Senin, 21 Oktober 2013

Setinggi-tingginya Wanita Bersekolah, Akhirnya Masuk Dapur Juga




Sebentar. Itu mukanya jangan mengkerut dulu. Maksud judulnya bukan seperti yang dikira. 

Sebagai lulusan perguruan tinggi no 1 di Bandung, suami saya idealnya bekerja model-model eksekutif muda. Nenteng tablet, kemeja necis, sepatu mengkilap, dan kalo lagi jalan wangi parfum mahalnya menyeruak. Ini mah enggak. Suami saya lebih seneng ngurus kolam lele, macul tanah, bikinin saya meja, nyortir lele, dan semua pekerjaan lapangan lainnya. Tipikal red neck kalau di Amerika, mah. 

Gak sedikit yang menyayangkan, lulusan ITB jadi petani lele. Susah payah masuknya, jungkir balik ngebiayainnya, kok milih bau-bauan dengan ikan lele? Kenapa gak berkarir di dunia arsitektur aja atau kembali menjalani profesi sebagai fotografer & multimediaman seperti sedia kala?

Kalo ngomongin gengsi, kerja kantoran memang punya kedudukan tinggi di mata kebanyakan orang tua-orang tua kita. Beda halnya dengan kerja model petani lele ini. Udah mah kerjanya pake celana pendek & kaos oblong yang lusuh, kerja sama yang kotor dan bau pula. Suami saya udah beberapa kali mempekerjakan pegawai biar lebih ringan dan bisa mengerjakan hal-hal yang lebih menuntut otak. Setahun ini udah ketemu pegawai yang cocok. Tapi dia lagi ditarik dulu kerja di Kedai Lele karena kekurangan pegawai. 

Kalau ada keadaan yang menuntut seorang laki-laki harus bekerja sesuai latar belakang pendidikannya, kenapa untuk wanita malah bisa kebalikannya? 

Setinggi-tingginya perempuan sekolah, dimaafkan kalau akhirnya berkarir di rumah mengurus anak dan keluarga. Intinya kan berdedikasi menjadi Ibu. Logika ini harusnya diaplikasikan sama dengan laki-laki. Kerja apapun gak ada hubungannya dengan latar pendidikan, toh pada intinya menafkahi keluarga. Sekolahnya arsitek terus jadi petani lele, gak boleh?

Jadi petani lele atau arsitek, sama saja. Jenisnya saja yang berbeda. Tujuannya sama, duit. Bahasa halusnya mungkin 'menafkahi keluarga'. 

Ilmu sekolahnya gak dipake dong? 
Loh justru kepake banget. Apa kita jadi ibu terus ilmu yang kita enyam waktu sekolah gak kepake? Walau pada akhirnya pekerjaan yang suami dan saya lakoni gak sesuai dengan gelar pendidikan, ya sudah tutup bagian 'aduuuh percumanya' dan kita lirik dalam-dalam kebaikannya. Apa-apa yang kita jalani di sekolah selama bertahun-tahun itu gak sia-sia karena ilmu bukan pada mata kuliah aja kuncinya. Ilmu juga ada pada kehidupan sekolahnya, kehidupan manusianya. 

Sekolah bikin saya punya rutinitas yang sama selama bertahun-tahun. Bangun pagi biar gak telat karena sekolah dimulai jam tujuh pagi. Seragam tertentu untuk hari tertentu. Belum lagi mengerjakan PR, belajar karena ada ulangan, kerja kelompok, menjawab pertanyaan guru. Banyak banget interaksinya. Kita punya pengalaman berinteraksi dengan orang banyak, pernah menerima dengan legowo dan pasrah amarah dosen, berantem sama temen gara-gara beda pendapat, begadang mengerjakan tugas, mengejar deadline, tetep masuk kelas walau gak suka guru/dosennya, iri dengki liat prestasi temen, dan masih banyak lagi. 

Itu kan prosesnya gak percuma. Beberapa pegawai saya banyak yang sekolahnya nyampe SD dan SMP aja. Salah satunya pernah cerita, empat kali DO dari sekolahnya. Kenapa? saya tanya. Males, Bu, ketemu guru yang nyebelin. Jawab dia. 

Ha? bisa ya gara-gara guru nyebelin terus mutusin gak mau sekolah. Baru kena tekanan seperti itu sudah menyerah. Sekolah yang kita enyam, ngajarin tekanan-tekanan yang gak kita sadari bisa membentuk kita (atau paling gak, saya) jadi kayak sekarang. 

Sekolah, yang saya yakinin, adalah alat sekaligus perantara menemukan apa yang jadi kepengen kita. Sekolahnya arsitek dan profesinya jadi petani lele. Sekolahnya jurusan bahasa, jadinya Ibu. Ya tidak apa-apa. Yang kenapa-kenapa orang tua kita, sih. Bukan salahnya, itu hak mereka merasa kecewa meski kita gak suka. Tetap aja orang tua, harus kita hormati & respek maunya apa. Tinggal kita nih sebagai generasi orang tua muda, kunci generasi berikutnya, apa bisa mulai menghilangkan pameo 'sekolah dokter kuduna jadi dokter' atau (ini nih yang paling saya sebelin) 'matemetika+bahasa inggris=sukses'. 

Buat ngerjain peternakan lele sampe Kedai Lele, dan Eazy Freezy ini, saya & suami udah lewati fase "udah lah kita balik jadi pegawai lagi aja" berkali-kali. Dia punya determinasi yang kuat. Saya punya bekal mengalami dunia usaha dan gen keturunan penjual ayam. Sepertinya takdir memang menyatukan kami. 

Harga Eazy Freezy masih sama, rupa mulai berbeda. Sekarang mah udah ada labelnya horeee! Kemasan lebih cantik lah teu polos-polos teuing. 

Ditunggu ya pesenannya. Sekarang jadwal pengirimannya Selasa, Kamis, dan Sabtu. Harga masih sama, sekarang udah ada ongkos kirim. Dekat dengan pos pengiriman 5ribu, jauh dari pos 10ribu. 

Ini daftar produknya Eazy Freezy:

(typo di desainnya mohon dimaafkan :D udah keburu cetak banyak euy)
Frozen Filet Ikan Lele
250 gram - 17ribu
500 gram - 31ribu
1kilogram - 60ribu



Frozen Filet Golden Dory (Patin)
250 gram - 17ribu
500 gram - 31ribu
1kilogram - 60ribu



Frozen Filet Gurame
250 gram - 25ribu
500 gram - 46ribu
1kilogram - 90ribu



Frozen Babyfish (anak-anaknya ikan Nila & ikan Mas)
150 gram - 12ribu
250 gram - 20ribu


Sementara segitu dulu. Yang mau jadi reseller juga silakan banget nih butuh banget *halow halow yang di Jakarta mau jadi reseller gak, banyak yang pengen beli nih tapi saya tolak melulu karena ongkos kirim*

Kontak kami ada di :
WA 0812.2005.4556
BBM 7CBDAA49
Email filet.ikan@gmail.com

11 komentar:

  1. Riset pakan alternatif lelenya sudah tidak ada ya. Saya baru memulai usaha ternak ini setelah keluar dari perusahaan. Saya mau mencoba pakan alternatif dr ampas tahu fermentasi, apakah itu baik amana dan lele suka?

    BalasHapus
  2. @Diza Luph: risetnya udah beres. Pakannya udah saya punya ramuannya, tinggal dipraktekin ke lele-lele saya. ampas tahu aman, saya pernah beberapa kali nyoba, harganya juga murah. tapi saya udah gak pake ampas tahu lagi. harnya ga stabil, apalagi kemaren sempet mahal2nya. jadi ampas tahu udah saya coret dari daftar ramuan pakan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh donk ramuannya pencobaan ke lele saya. Email ya dizaluph@gmail.com nanti hasilnya urang laporan... Hehehe

      Hapus
  3. wah lagi saya coba dulu sendiri nih. takutnya bisi celaka lele yg lain hehehe. rencananya kalo bagus hasilnya mau saya produksi & jual2in :D

    BalasHapus
  4. Wahh kirain saya bisa di share... Soalnya saya lagi mencoba untuk berternak nih. Niatnya tanpa membeli pakan karena harga pakan nya saat ini mencekik sekali untuk pemodal kecil seperti saya.

    BalasHapus
  5. belum bisa dishare :) lagi di ujicoba dulu. ini juga kayaknya udah yang ke belasan kali ramuannya. gagal melulu. yang ini sih saya perhatiin agak bagus, waktu uji ke lab juga kandungannya sesuai yang saya mau. tapi ya itu, belum terbukti. makanya saya cobain dulu.

    BalasHapus
  6. sekolah pokoknya gak ada ruginya ya mak...apalagi dapat jodohnya di kampus hehey...

    BalasHapus
  7. salam kenal..saya suka bangetttt ikan lele makkk ^^

    BalasHapus
  8. @Ida Nur Laila : gak ada ruginya alhamdulillah :) hehe salam kenal ya, teh ida.

    @Hanna: whuaaww ayo ke Banduuuung! nanti saya jamu dengan masakan lele di Kedai Lele :)

    BalasHapus
  9. orangtua yg baca curcol di atas, saya kira bisa mengerti - orgtua akan kecewa itu kalo anak2 yg disekolahin hingga pt lalu kemudian memiliki kehidupan yg ancur ... Pokokna mah hidup Kedai Lele *kemasan Eazy Freezy-nya kewren bo!

    BalasHapus