Rabu, 27 April 2011

Tak Butuh Sandang, Lele Butuh Pakan



Pakan = makanan hewan, peliharaan. (http://bahasaindonesia.org)
Lele makan pakan. Pakan lele.

Pakan (pelet) buatan pabrik

Masih lekat dalam ingatan, kali pertama kami membeli pakan. Balai Benih Ikan (BBI) kami datangi untuk beli pakan, kala itu harganya Rp 8.000/kg. Sebagai pemula, kami beli beberapa kilo saja karena baru punya satu kolam.

Sejak itu kami tidak pernah beli pakan di BBI. Pertama, harganya ternyata mahal. Kedua, kami menemukan harga pakan yang lebih terjangkau.

Pertemuan kami dengan toko-toko pakan yang cocok dengan isi dompet tidaklah mudah. Demi pakan, kami hinggap dari satu toko ke toko yang lain seantero Bandung. Dari Ujung Berung sampai ke Cimahi, dari Ledeng sampai Ciparay. Puluhan kilo kami arungi. Demi pakan. Selain itu kami juga konsultasi dengan kenalan peternak lele di dunia maya (kaskus) perihal harga & kualitas paka lele. Browsing di yellow pages juga jadi agenda-demi-pakan-lele-murah-berkualitas. Akhirnya, jodohlah kami dengan toko yang jual pakan harga ramah dan stok pakan yang terjaga. Toko di jl Moh Toha (Toko Bandung Jaya), sebuah toko di Jl. Margacinta dan PD.KK di Terusan Suryani.

Pakan yang kami beli selama itu adalah pakan buatan pabrik. Belakangan kami tahu bahwa ada jenis pakan yang lain. Pakan buatan sendiri alias pakan alternatif. Kalau yang buatan pabrik relatif mudah disimpan, dikasih ke lele, gampang pula cari & dapatnya. Cuma ya itu, mahal. Sementara pakan alternatif selain ribet, proses menjadi pakannya juga kami sendiri yang mengolah. Untunglah pakan jenis ini super muraaaaahhhh! Ibarat perjalanan si koper dan ransel. Pakan buatan pabrik itu koper, pakan buatan sendiri adalah ransel.


- Salam Lele

6 komentar:

  1. saat ini masih "penelitian" :) banyak variabel yg muncul saat kita pengen bikin pakan yg murah tp kontinyu hehehe... oya, disana (surabaya?) pake pakan apa?

    BalasHapus
  2. Pak Kalo di Jl Margacinta di toko apa yah?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba kang di ISTANA PS alamat Ruko Pesona Bali No.1 Jl.Bojongsoang (blkg Hisana Fried Chicken); menyediakan pakan lele benih hingga pembesaran , produk PT. Matahari Sakti (Fengli, PF500, PF800, PF1000, LP1,2,3) Telp.022.87798752 / 085322840288 pin bb 744CC894 web : http://istanapoultryshop.blogspot.com

      Hapus
  4. @nano: namanya lupa euy :D maaaap banget.

    @Dwinanto: punten nama tokonya lupa. saya inget2 dulu ya, udah lama ga beli disana

    BalasHapus