Sabtu, 04 Mei 2013

Formasi Telur Apkir dan Dedak buat Lele

Entry ini adalah sambungan dari entry yang berjudul Telur Apkir bukan Telur yang Parkir.

Setelah kekurangan pakan telur apkir, maka saya pikir-pikir ulang. Tenaga saya habis untuk menguras dan ganti air kolam. Telat sedikit, ikan lele saya pada sakit. Ah harus ganti pakan nih, pikir saya. Pakan alternatif lele menguras otak. hehehe.

Tiba-tiba saya terpikir untuk menggabungkan telur apkir dengan dedak. Dedak semacam penetral kekurangan no 1 pada telur apkir yakni cepat busuk. Kehadiran dedak mampu memperlambat proses pembusukan. Untuk memperoleh dedak, bisa sambangi tempat-tempat penggilingan padi.

Dedak adalah bubuk sisa penggilingan padi. Telur apkir dicampur dedak hasilnya seperti kue bolu. Caranya masih sama dengan pembuatan pakan telur apkir, hanya saja pada waktu telurnya sudah dikeluarkan dari kulitnya, dedaknya dimasukin ke wadah yang sama. Lalu dikocok sampai rata. Rebus deh.

Begitu sudah menyatu dan 'matang', adonan pakan ini ditiriskan. Kalau sudah dingin bisa dipotong-potong jadi kecil supaya muat masuk mulut lele. Kalau punya gilingan padi lebih seru lagi. Adonannya digiling lalu dijemur. Kalau adonannya sudah mengering kita bisa simpan sampai lebih dari satu minggu sebagai stok pakan.

Apa pakan telur apkir + dedak ini berhasil? Ya. Lele saya menyukainya. Bau anyir dari telur apkir menggugah selera lele yang pada dasarnya sudah rakus.

Namun pakan ini tidak lama saya gunakan. Beberapa minggu setelah lele mengkonsumsi pakan alternatif ini, saya amati baik-baik perkembangannya.

Oh tidak! Kelemahan pakan ini secara perlahan mulai nampak.

Beli pakan jadi buatan pabrik harganya Rp 8.000/kg. Dengan akan terlur apkir + dedak ini, saya butuh dedak dan telur apkir 3x lebih banyak dari yang saya mau karena harus memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan lele. Pada akhirnya setelah saya hitung-hitung, total pakan alternatif saya ini ongkosnya Rp 7.500/kg.

Bah... buat apa saya buat pakan alternatif yang hampir sama biayanya dengan pakan pabrik?
Maka dari itu, pakan alternatif formasi telur apkir + dedak saya coret.

saya beralih ke bahan yang lain: sosis.




2 komentar:

  1. Untuk campuran telur apkir sama dedak itu perberapa persen gan ? agar hasilnya lebih oftimal.trims infonya

    BalasHapus
  2. Kami CV.Berkah Bunda dari Banten menawarkan dedak katul murni mess 20 dan separator, untuk yg super saat ini harga 2.600/kg. Barangkali bapak minat silahkan hubungi 081906160400.. Tks

    BalasHapus