Sabtu, 20 April 2013

Pakan Alternatif: Kaya Bersama Sejahtera Merata


Kesimpulan:
Kecuali saya punya modal sebanyak uangnya Paman Gober, maka kalau mau menghasilkan pemasukan yang banyak dari beternak lele ini saya harus :


Hitungannya begini. 
Satu karung pelet/pakan lele isi 30 kg harganya Rp 240.000 - 260.000.
Kolam saya yang aktif hanya ada dua. Ikan lele saya makannya (idealnya) 3 kali dalam satu hari. 
Kalau saya tanam 5000 atau 10000 ekor ikan lele, maka untuk satu kali makan saya harus kasih mereka 3 kg pelet. 
Nah kalikan tiga. 

Pada saat lelenya membesar, tentu saja mereka makin rampus. Saya harus bikin mereka gendut. Pelet yang saya kasih ke mereka jumlahnya makin banyak. Saya pernah nanam 10000 ekor lele. Awalnya masih okeh. Makannya belum banyak karena ukurannya masih segeda semut raksasa saja. Tapi sebulan dua bulan kemudian, setelah dihitung-hitung tau gak saya harus ngasih makan mereka berapa banyak per harinya?
30 KILOOOOOO!
SATU KARUNG! 

Bangkrut saya sebelum panen. hahahaha
Gak separah itu sih, tapi perputaran uangnya terlalu gak logis. 
Pengeluaran saya besar, pemasukan belum ada. 
Harga lele yang dijual ke bandar pun mencekik kami para petani. Tidak sebanding dengan tenaga fisik dan tenaga dompet kami. 

Intinya begini loh kalau kamu mau kaya raya dari ikan lele. 
Kolam harus banyak. 
Lele harus melimpah. 
Pakan harus gila-gilaan.
Mau panen 1 ton, siapkan pakan 1 ton. 
Semuanya bermuara ke satu hal: uang. 

Saya belum sampai ke skala itu. Belum cukup modal. 

Pakan alternatif jadi pilihan saya. 
Kita tahu banyak makanan tambahan atau alternatif untuk lele: bangkai ikan, ayam tiren, cacing tanah, bekicot, kadal, belatung, sampah sisa dapur, dan banyak lagi. Yang terpenting nilai proteinnya harus tetap tinggi dan bahannya sebisa mungkin gratis agar tidak menambah biaya. Dengan pemakaian pakan tambahan ini, diharapkan lele lebih cepat besar.

Saya sudah beberapa kali melakukan percobaan pakan. Saya bikin sendiri, dibantu ibu, adik, sampai istri. Saya pernah bikin pakan alternatif dari satu bahan saja, sampai 3 - 4 bahan sekaligus. 

Apa saja pakan alternatif yang sudah pernah saya buat?
Jangan kemana-mana. Saya mau bikin teh manis dulu. 
Hehehehe.



11 komentar:

  1. menarik sekali infonya pi bikin tehnya ok lama y? Padahal saya sangat membutuhkan informasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ini teh gak jelas nanya apa ya? ini link tentang Pakan Alternatif http://tukang-lele.blogspot.com/search/label/pakan%20alternatif

      Hapus
  2. Josss pak......!!!!
    Bermanfaat sekali info nya..!!!

    BalasHapus
  3. Mas dah selesai belum ngaduk tehnya?

    BalasHapus
  4. oalah ditunggu lama ternyata beli teh dulu ke australia....

    BalasHapus
  5. Walah udah hampir setahun, ngaduk teh apa tanam dulu pohon teh sampe dipanen dan diseduh? hehehe

    BalasHapus
  6. Emang enak mikir sendiri

    BalasHapus