Rabu, 04 Mei 2011

Jurus Melet Lele #2: Jam Makan Lele

Sebagai sesama makhluk Tuhan, lele punya jam makan layaknya kita para manusia. Di belantara per-lele-an ini, kami, juga banyak peternak lele lainnya, menemukan sebuah sistem makan buat lele: pagi - siang - malam.


Jam makan yang kami berlakukan buat para lele adalah :
Antara 08.00 - 09.00
14.00
dan 20.00


Berdasarkan literatur yang baca, waktu paling baik untuk lele makan adalah malam hari (karena lele itu nokturnal) dan kapan saja yang penting mereka kenyang. Masalahnya, kami tidak bisa terus menerus ada di peternakan untuk kasih mereka makan. Bisa sih kasih mereka makan satu jam sekali, tapi prihatinnya kami yang dananya terbatas, kasihan kami yang masih harus melakukan kegiatan lain selain beternak lele. Oleh karena itu kami ciptakan jam makan lele.


Di Belanda ada peternakan yang sistem pemberian makannya menggunakan alat tertentu. Alatnya canggih, sudah menerapkan tenaga mesin. Jadinya pemberian pakan untuk lele bisa dilakukan terus menerus. Bagus ya.


Bila sekarang kami menerapkan jam makan secara berkala dalam waktu yang berdekatan, akibatnya adalah bangkrut. Pertama, anggaran untuk beli pakan jadi boros. Masalah kedua ada pada kotoran lele yang mengendap di dasar kolam. Kami harus rajin ganti air kolam karena kotoran lele yang banyak.






Jadi kondisi ideal yang saat ini bisa kami lakukan adalah memberi makan di tiga waktu dalam sehari. Lele gak akan mati kok karena bagaimanapun caranya mereka bisa  survive. Selain makan pakan yang kami beri, mereka juga makan cacing-cacing merah yang nempel di dinding-dinding kolam. Terkadang kalau kami mancing ikan, jeroan ikannya kami lempar ke itu lele. Wuahhh rampus sekali mereka makannya. Asyik!

5 komentar:

  1. Pernah nyoba memberi pakan 2 kali sehari dan memberi pakan 6 kali sehari Pak ?

    BalasHapus
  2. yang 2x sehari pernah.
    yang 6x sehari juga pernah.
    tapi kami belum pernah ngelakuin salah satunya sampe beres panen. jadi belum (bisa) ketauan efeknya ngasih makan 2 atau 6 kali dalam sehari itu. Mas-nya gimana?

    BalasHapus
  3. Sama Baiknya yang penting Istiqomah (red islam) mas...

    BalasHapus
  4. saya baru mulai beternak lele, hanya dikasih makan 3 x sekali seperti manusia saja makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimanapun juga manusia dan lele sama saja, mahkluk hidup gitu loh :)

      Hapus