Sabtu, 30 April 2011

Jenis Pelet Buat Lele

Jenis pelet ada dua macam : terapung & tenggelam. 

Pelet Terapung 

bulat-bulat

Pelet jenis ini bagaikan life-jacket, terapung-apung di permukaan air kolam. Para lele  bermunculan naik ke permukaan air dengan buas dan lahapnya kalau kami tebar pelet. Tentu saja pada jam makan itu lele. Pelet jenis terapung sangaaaat berguna buat kami menentukan kadar pelet yang mau kami kasih ke lele. Gak akan ada yang namanya over-feeding. Kalau kami tebar peletnya & lele masih makanin ya lele masih lapar. Tapi kalau peletnya dicuekin artinya para lele sudah kenyang. Jadi ingat-ingatlah takaran yang dikasih ke lele. Biar gak mubazir. Lagipula pengetahuan takaran pelet ini bisa jadi bekal saat kami menggunakan pelet jenis tenggelam. 


Pelet Tenggelam


nempel di tepi jaring kolam tanah yang landai

Pelet tenggelam harganya lebih murah dari pelet terapung. Kekurangannya ada pada kelebihan yang dimiliki pelet terapung. Menggunakan pelet tenggelam artinya kami gak akan tahu itu pelet dimakan sama lele atau tidak. Agak riskan juga kalau kami pakai pelet jenis ini. Tips: gunakan pelet jenis ini bila kita sudah tahu berapa banyak takaran pelet yang dibutuhkan lele-lele. Jadi mau gak mau, kita pake pelet terapung dulu buat tahu segimana banyak yang bakal dimakan oleh lele-lele di satu kolamnya. 



Yang Menyatukan Keduanya




Kedua jenis pelet ini punya kesamaan yang sama : gak ribet dalam pemakaian. Pelet ini kering. Bisa disimpan di wadah macam ember atau gentong. Kalau mau ditebar ke kolam ya tinggal di tebar-tebar-tebar. Beres deh. Kesamaan lainnya ini pelet adalah mahaaalll...

2 komentar:

  1. Iya, pelet apung bisa jadi acuan jumlah, jiak mau beralhih ke pelet tenggelam

    BalasHapus
  2. Iya. favorit kami ya pelet apung, karena keliatan dimakan gaknya. hehehe

    BalasHapus