Minggu, 13 Maret 2011

Kenapa Beternak Lele?


Kolam tanah (balong) berukuran 11 x 15 m milik ayahanda memicu ide tentang berternak. Mulanya kolam hanya digunakan untuk kepuasan hobi semata. Memancing salah satunya. Keluarga dari pihak Ibu punya hobi mancing. Jadi tiap kali uwa dan paman-paman silaturahmi ke rumah kami di Ciparay kabupaten Bandung, mereka melampiaskan hobi mancing mereka di kolam ini. Jadilah kolam ini kolam konsumsi. Kolam penghilang stres. Ikan yang paling banyak ada disini adalah jenis mujair, yaitu Nila. Ikan mas juga ada meski jumlahnya sedikit. 



Pertengahan 2009 kami baru mulai terpikir untuk memfungsikan kolam tanah tersebut sebagai kolam produksi. Bukan untuk konsumsi saja. 

Mulailah kami mencari tahu tentang dunia peternakan.  Sumber informasi kami adalah buku, cari info di Departemen Kelautan dan Perikanan di sebelahnya  Balaikota, banyak bertanya pada orang yang udah lebih dulu jadi petani lele, hingga berkunjung ke Balai Besar Benih Ikan Air Tawar (BBAT) di Ciparay, Subang, dan Sukabumi.  Internet menyediakan segala macam info bahkan jaringan pertemanan sesama (calon) peternak ikan.  Kami 'bertemu' dengan mereka yang sudah lama jadi peternak lele bahkan yang nasibnya sama kayak kami juga ada. Menyenangkan. Nambah ilmu, nambah teman, dan tentu saja : nambah semangat!

Setelah wara-wiri dalam bahan literatur,  kami mendapatkan informasi bahwa konon ikan Lele adalah jenis ikan yang paling mudah untuk dipelihara, tidak rewel dengan kualitas air, mau makan apa saja, dan terutama lagi : cepat tumbuh. Artinya cepat panen. Artinya lagi, cepat menghasilkan uang :D

Bagaimana dengan kenyataan yang kami lakukan dan dapat di lapangan? Nanti kami ceritakan ;)

Memelihara ikan menyenangkan memang, apalagi kalau udah memancing dan memberi mereka makan. Namun ternyata, mengolah sesuatu yang tadinya hanya sekedar hobi jauh lebih menyenangkan meski kadar stres juga justru ikut bertambah. Tidak apa, namanya juga usaha ;) Ada banyak kegagalan tentu saja dan sejauh ini, kegagalan yang kami alami jadi pengetahuan. Bukan hanya bagi kami, tapi juga untuk mereka teman kami (sesama peternak lele) berbagi. Semoga peternakan Lele ini bukan hanya memberi kami uang, tapi juga banyak pahala. hehehehe. 

Simak terus ya. Sedang medisiplinkan diri untuk terus posting disini :)

2 komentar:

  1. Iya, terus saja berposting sampai kehabisan foto :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto bukan alasan kami bikin blog ini. Sampe otak kami berhenti berpikir, kami baru berhenti ngeblog.

      Hapus