Minggu, 21 Juli 2013

Protein Nabati Sebagai Pakan Alternatif Lele & Persaingan Dengan Manusia


Sayuran itu baik buat tubuh kita. Bukan buat manusia aja ternyata, tapi juga bahkan buat lele. Dibandingkan ikan lain, lele butuh banyak sekali protein hewani, namun tidak berarti protein nabatinya dikesampingkan.

Masalahnya, protein nabati yang umum buat pakan adalah kacang kedelai. Kedelai itu kita tahu semuanya: makanan manusia. Tempe dan kecap yang paling umum di Indonesia mah. Sekarang kacang kedelainya harus diimpor. Kasus baru-baru ini pun pembuat tahu tempe kekurangan bahan. Harga tempe mahal, bahkan keberadaannya menghilang di pasaran. 

Berhubungan dengan protein nabati ini, kami mencoret kedelai dari daftar pakan alternatif jenis nabati buat lele. Ya mahal, ya mesti bersaing dengan manusia pula. 

Setelah beberapa kali baca literatur, saya coba Azola (tanaman air). Buat dapat Azola ini saya sering keliilng areal sawah orang. Hehehe. Nah Azola yang cocok saya dapat di lahan sawah di Garut. Iseng aja sih dari Garut saya bawa pulang ke Bandung. 

Setelah dipraktekan, membuat tepung azola itu diperlukan azola yang super duper banyak. Dari 1 kg azola yang baru dipanen, hasilnya yang bisa kita dapatkan dalam bentuk tepung gak nyampe 100 gram. Disini saya menyimpulkan,  untuk kebutuhan sendiri saja diperlukan sejumlah azola begitu banyak. Ini berarti dibutuhkan pula kolam azola yang sangat luas untuk menanam azolanya. Nah loh, bukannya kita mau jadi petani lele, kok jadi petani azola :D

Saya juga mencoba tepung jagung. Kadar protein tepung jagung tidak sebesar kedelai. Saya juga pernah pakai tepung dedak. Ah apalagi dedak, ternyata sedikit banget proteinnya.

Maka dari itu saya memberikan pertanyaan terbuka bagi siapa saja yang membaca ini: ada gak ya bahan pengganti untuk pengisi protein nabati buat pakan lele? syaratnya : harus murah, bahkan lebih bagus lagi berupa sampah atau sisa produksi.

Memang di internet banyak juga yang menyatakan bahwa ampas sawit atau bungkil kelapa bisa digunakan. Lah masalahnya posisi kami jauh dari perkebunan sawit atau kelapa. Menambah ongkos kirim berarti menambah harga, belum lagi syarat pembeliannya yang minimal dalam ukuran ton. Mau naro dimana itu berton-ton kelapa sawit? :D 

Bingung ya. Mau membuat pakan sehat kok ujung-ujungnya seperti membuat saya kejungkal lagi dan lagi. Hahahaha :))

2 komentar:

  1. Janten kumaha atuh nasib penelitian pakan alternatif teh,Bangkar ?
    ayeuna masih keneh ngabalong lele ?
    nuhun.....:
    di antos waleranana di email : iyan.srvc@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alah hapunten euy nembe diwaler. penelitian lancar alhamdulillah. ayeuna masih ngabalong. pakan teh nganggo anu abdi damel nyalira. tapi manual, upami panangan pararegel mah nya gentos heula jeung pakan pabrikan :D

      Hapus