Sabtu, 17 Agustus 2013

Kapan Mau Memutuskan (Berwira)usaha?


Waktu bikin usaha ternak lele, saya masih aktif kerja di kantor. Ternak lele yang saya buat ini khusus untuk sampingan saja. Rencananya pendapatan yang saya peroleh untuk membantu keuangan keluarga besar. Tujuan lainnya supaya saya bisa nabung gaji kantor buat saya sendiri.

Pertanyaannya adalah: apakah tujuan saya tercapai?
Sadly, tidak.
Saya agak lupa bahwa dalam dunia usaha ada yang namanya PROSES. Proses ini yang saya lalui berkali-kali. Saya gagal, saya mulai lagi. Begitu terus sampai modal kegerus. Habis. Saya pikir saya harus fokus di ternak lele. Saya perlahan mundur dari kantor. Memang ada hasilnya. Kemajuan lebih banyak bisa dilakukan karena saya terus menerus ada disitu. Namun pemasukan belumlah ada, perut keluarga gak boleh gak diisi.

Ternak lele masih berjalan. Saya menemukan inti dari segala permasalahan saya di usaha ini: pakan. Namun belum benar-benar bisa dijalankan karena modal yang kepepet preeet. Saya berencana minta bantuan ke lembaga yang lebih besar, nih. Deg-degan juga. Tapi khusus untuk dunia kuliner, saya rasa ga bohong kalau modal besar mendatangkan profit yang jauh lebih besar lagi.

Sambil nunggu modal untuk budidaya lele turun, Kedai Lele jalan terus.

Sama halnya dengan ternak lele, usaha di bidang kuliner yang satu ini juga prosesnya hwaduh gila edan seruuuuuuuuu! Siapapun kalau mau usaha di bidang restoran, warteg, atau sejenisnya, ingatlah ini: CAPE BANGET! huahahahahahha. Nah kalau sudah ingat, ingat ini juga: BUAT SISTEM pekerjaan yang baik.

Semua paparan saya belum menjelaskan judul tulisan ini, memang. Ya namanya juga proses :P

Mendapatkan tambahan pemasukan, jelas jadi tujuan bikin usaha. Saya juga begitu kok. Intinya mah uang. Tapi waktu yang tepat buat berwirausaha itu kapan, wah saya juga gak tau. Setelah usaha ternak lele dan Kedai Lele, saya pikir-pikir memang bikin ide itu gampang nian. Yang susah aksi nyatanya.

Aksi haruslah ada rencana. Maka bikin dulu rencana kerja dan keuangannya. Kemungkinan terbaik dan terburuk. Kalau sudah, nah tinggal diwujudkan saja semangat wirausahanya sambil menyiapkan mental menjalani prosesnya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar